BERKAH JAYA ABADI : Telp / WA 0819-0613-1487 Apa penyebab Vanbelt menjadi bunyi......

Apa penyebab Vanbelt menjadi bunyi......


Apa penyebab Vanbelt menjadi bunyi & Fungsi dari masing-masing vanbelt....
Apa kabar seluruh pelanggan Bengkel Berkah jaya Abadi dimana saja Berada....kali ini saya akan membahas tentang Vanbelt ,pada umumnya setiap mobil menggunakan vanbelt , bunyi berdecit pada mobil jepang eropa ataupun korea seperti mobil Hyundai Kia & Timor,itu ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan vanbelt berdecit diantaranya adalah :
1.Vanbelt yang sudah aus / termakan usia,karena semakin tipis ,licin sehingga terjadi selip dan akhirnya menimbulkan bunyi.
2.Vanbelt yang kotor ,kena oli,Gemuk sehingga selip juga akan menimbulkan bunyi
3.Vanbelt yang ukurannya tidak standart terlalu pendek ataupun terlalu panjang ini juga dapat menimbulkan bunyi.
sangat di sarankan untuk mengganti vanbelt sesuai dengan jadwal penggantian yaitu pada saat service besar pada kelipatan 20.000 km.
untuk penggantiannya pergunakan selalu suku cadang Asli Hyundai atau suku cadang asli kia agar ukurannya sesuai dengan yang dibutuhkan.
 
untuk soal harga suku cadang mobil korea mas simon kepala spare part Berkah Jaya Abadi yang akan memberikan gambarannya sbb : harga vanbelt genuine Hyundai atau kia relatif sangat murah dan sangat terjangkau untuk mobil hyundai produk lama seperti accent avega,verna,atoz,matrix,getz ,trajet ,santa fee ,tucson harga spare part nya berkisar rp.50.000 sd rp.100.000 an, terkecuali untuk yang model baru seperti i10,i20 ,grand avega harganya sedikit lebih mahal berkisar rp.200.000 untuk type tersebut lebih mahal dikarenakan 1 tali vanbelt untuk beberapa komponen yang digerakan,water pump,alternator dll.
Begitupun untuk mobil Kia harga vanbelt nya juga relatif murah seperti type mobil seperti Kia Visto,kia rio,kia carens,kia sportage 1 ,kia shuma harganya berkisar rp.50.000 sd 100.000 , yang harganya lebih mahal sedikit untuk mobil kia typer terbaru seperti new Sportage R, All new Rio dll yang berkisar rp.200.000 sd 300.000 an
menurut kepala bengkel Berkah Jaya Abadi ,yang biasa di sapa Pa Rasim, Vanbelt kelihatannya sepele tapi sangat banyak kegunaannya diantaranya adalah :
1. penggerak Generator / Alternator yang biasa di sebut dinamo ampere ,kalau vanbeltnya putus maka akan menyebabkan pengisian pada accu akan terhenti ,jika strum yang ada di accu habis maka mobil akan mogok alias mati total,tidak bisa di stater dan tidak bisa hidup.
2.vanbelt yang berhubungan dengan Water pump,jika vanbelt yang ini selip maka kerja water pump akan berkurang,apalagi sampai putus maka water pump akan benar2 berhenti tidak dapat bekerja lagi sehingga siklus air pada komponen pendinginan akan terhenti tidak terjadi pendinginan sehingga akan terjadi over heat.so jika sudah lama belum ganti vanbelt water pump segera lakukan pengecheckan kalau terlihat retak langsung saja dilakukan penggantian sebelum terjadi putus di jalan dan over heat.
3.Vanbelt yang berhubungan dengan power steering,ini pun tidak boleh selip,jika selip steer akan terasa berat apalagi kalau sampai putus,rasanya seperti membawa mobil model lama yang belum pakai power steering berat sekali.

untuk pengecheckan , pembelian ,penggantian , pemasangan bisa di lakuakan di Bengkel & Toko Berkah Jaya Abadi 
yang beralamat di :
1.Bintaro - Ciputat
2.Cinangka - Sawangan
3.Serpong - BSD


Telp/sms 081906131487 / 021-92662496
Terima Kasih